Pages

Jumat, 06 Juli 2012

Tumbuhan dengan Evolusi Menakjubkan


berikut ini merupakan tanaman-tanaman dengan evolusi yang menakjubkan di dunia. Tanaman-tanaman ini memiliki morfologi, fisiologi, dan kemampuan yang membuat mereka berbeda dari tanaman lain yang merupakan hasil dari proses evolusi..


Dodder, anggur hutan penghisap

Dodder adalah anggur yang sepenuhnya tergantung pada tanaman lain untuk makanannya (parasit). Tanaman ini tidak memiliki akar atau daun, dan tidak seperti hampir semua tanaman lain, tanaman ini tidak dapat berfotosintesis karena daun dan klorofil. Untuk bertahan hidup, tanaman ini perlu menyerap sari makanan dari tumbuhan lain. Tapi itu 
tidak sesederhana yang anda kira, tanaman mendarat di sebuat pohon (inang) lalu menancapkan taringnya dan mulai menyerap. Ini jauh lebih mencengangkan! Tes laboratorium menunjukkan tanaman ini dapat mencium bau tanaman lain yang spesifik dan kemudian tumbuh ke arah mereka. Dodder memiliki penciuman yang tajam dari “bau”, dari bau dia juga dapat membedakan antara tuan rumah yang baik dan yang buruk. Setelah itu dia merayap di batang korban, melekat erat, melilit sambil menekankan duri khusus sampai menembus kulit batang, untuk menghisap si mangsa.





Nepenthes attenboroughii, Tanaman Pemakan Tikus

Mungkin anda pernah melihat tanaman pitcher yang memakan serangga, seperti lalat, nyamuk, dll. Tanaman pitcher ini dapat memakan tikus.
Nepenthes attenboroughii ( Keluarga: Nepenthaceae ) ditemukan oleh Alastair S. Robinson , R. Stewart Mc Pherson dan Volker B. Heinrich pada Juni 2007, ditemukan di seluruh kepulauan Filipina

Tanaman pitcher ini paling aneh dan indah. Dikenal dengan nama Rat-Eating Pitcher Plant. Tanaman ini merupakan tanaman karnivora karena mampu mencerna tikus. Para ilmuwan hanya menemukan tanaman ini di Gunung Victoria, Philipina. Para ilmuwan pertama kali menemukannya berbentuk guci yang besar.




Pohon Eucalyptus, Pohon Pembakar Hutan

Ketika datang saat dimana mereka harus melindungi wilayah mereka, pohon-pohon eucalyptus memiliki kebijakan untuk membumi hanguskan. Pohon Eucalyptus tidak hanya kebal terhadap kebakaran hutan tapi juga menjadi biang yang menyebabkannya.
Eucalyptus dirancang khusus untuk menjadi pohon yang tetap bisa bertahan setelah amukan api memusnahkan kehidupan hutan di sekitarnya. Ini semua karena mereka memiliki batang yang tersembunyi jauh di dalam kulit-kulit mereka, yang akan keluar saat asap sudah memudar.

Eucalyptus mengandung semacam minyak yang begitu mudah terbakar, pohon ini benar-benar dapat meledak ketika mereka terbakar, seperti orang menjentikkan puntung rokok ke pompa bensin.

Daun dari pohon eucalyptus begitu penuh napalm beracun yang tidak bisa di hancurkan serangga dan jamur. Pohon ini juga menghasilkan gas berupa awan abu-abu kebiruan yang menguap yang bisa naik seperti bola api dengan satu petir atau puntung rokok yang dibuang maka terjadilah reaksi ledakan.





Venus Flytrap, Tumbuhan Karnivora

Dionaea Muscipula adalah nama latin tumbuhan Karnivora yang menakjubkan ini. Masa dahulu, bumi pernah dikuasai tumbuhan pemangsa seperti ini selama ribuan tahun. Inilah tumbuhan ber-inteligensia tinggi yang misterius.

Kenapa Memakan Serangga? tumbuhan ini mendapatkan nutrisi seperti yang dilakukan tanaman lain  melalui proses fotosintesis. Selama fotosintesis, tumbuhan menggunakan energi matahari untuk menggerakkan reaksi yang mengubah karbon dioksida dan air untuk mendapatkan gula dan oksigen. Gula yang dihasilkan ini kemudian diubah menjadi energi dalam bentuk ATP(Adenosine Triphospate - penyimpan sumber energi untuk sel-sel tubuh), melalui proses yang sama yang digunakan oleh tubuh kita untuk proses karbohidrat .
Namun, di samping untuk sintesis glukosa, tanaman juga perlu untuk membuat asam amino, vitamin dan komponen sel sel lain untuk bertahan hidup. Untuk mencapai hal ini, tanaman membutuhkan nutrisi tambahan seperti:
  • Nitrogen - untuk membuat asam amino , asam nukleat, protein
  • Fosfor - sebagai bagian dari energi membawa molekul ATP
  • Magnesium - sebagai faktor-pendukung yang banyak membantu fungsi enzim
  • Belerang - untuk membuat sedikit asam amino
  • Kalsium - sebagai faktor pendukung enzim dan untuk membuat sel dinding tanaman
  • Kalium - untuk mengatur pergerakan air masuk dan keluar dari tanaman

Jenis tanah yang selalu ditumbuhi oleh Venus Flytrap adalah tanah yang bersifat asam,  langka mineral dan nutrisi lainnya. Kebanyakan tanaman tidak dapat bertahan dalam lingkungan ini karena mereka tidak dapat membuat cukup sel sel yang diperlukan untuk pertumbuhan. Tumbuhan ini memiliki kemampuan  yang unik dengan mencari sarana alternatif untuk mendapatkan nutrisi penting seperti nitrogen. Makhluk hidup seperti serangga menyediakan sumber yang baik nutrisi yang hilang dari tanah, dan mereka juga mengandung energi karbohidrat sebagai tambahan.

Seperti kebanyakan tumbuhan lainnya, Venus Flytrap juga memiliki bunga dan biji untuk regenerasi.







Sang Pohon Dinamit, Hura Brasiliensis




Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Julukan lainnya adalah Pohon Neraka atau ada juga yang menjulukinya Pohon Kotak Pasir "Sandbox Tree". Batang Hura Brasiliensis ditutupi oleh duri-duri yang tajam, ditambah lagi getahnya ternyata sangat beracun. Oleh karena itu, para penduduk setempat menggunakan getah tersebut untuk meracuni mata panah mereka.

Selain itu, Hura Brasiliensis juga punya buah. Tetapi buah ini bukan sembarang buah, begitu buah ini sudah matang, buah ini akan meledak. Bahkan kekuatan ledakannya sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini.




Tumbuhan Berumur panjang, Welwitschia mirabilis

Welwitschia mirabilis sepertinya adalah salah satu tanaman yang fenomenal di kalangan botanis dan kolektor tanaman, karena keunikan sifatnya, dari level family sampai genus hanya diisi oleh satu jenis saja.
Hidup di gurun sepanjang pesisir pantai Namibia dan Angola, Welwitschia mirabilis menunjukkan berbagai keunikan, baik segi morfologi maupun fisiologinya.  Bayangkan saja, jumlah stomata yang dimiliki oleh W.mirabilis mungkin adalah yang paling banyak diantara semua jenis tanaman, padahal hidupnya di area kering dan terik.  Tidak seperti jenis sukulen atau tanaman yang biasa hidup di gurun yang memodifikasi daunnya untuk mengecil agar mengurangi penguapan, W.mirabilis justru memiliki daun yang lebar.

Strateginya adalah dengan membuka stomata pada malam hari dimana kabut (fog) melimpah di pesisir pantai tersebut dan menutup rapat pada siang hari.  Selain itu, daun yang lebar berfungsi melindungi tanah di bawahnya tetap dingin, dimana sang akar tumbuh serta agar kelembaban di bagian bawah tanah tetap terjaga . W.mirabilis hanya memiliki dua daun saja sepanjang hidupnya.  Jadi daun yang ada adalah daun yang pertama kali tumbuh dan terus memanjang seumur hidupnya.

Menurut runut karbon, diduga specimen tertua di dunia berusia lebih dari 2000 tahun, dan untuk rata rata masa hidup diperkirakan mencapai 400 - 1500 tahun.  


sumber:
http://terselubung.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar